Pelatihan Safety Leadership – Leadership atau kepemimpinan adalah sesuatu yang dimulai dari atas kebawah. Pemimpin berbeda dengan manajer, manajer adalah kedudukan jabatan dalam suatu organisasi yang mengurus segala aspek manajerial. Tidak semua manajer bisa menjadi pemimpin, namun pemimpin yang baik harus mampu melakukan aspek manajerial secara baik. Dalam aspek K3, semua pihak disemua area organisasi memiliki potensi untuk menjadi pemimpin, karena kepemimpinan terkait dengan cara pandang dan sikap pemimpin terhadap segala aspek yang menjadi tanggung jawabnya.
Perubahan budaya K3 dalam suatu perusahaan tidak akan dapat dilakukan secara efektif tanpa perubahan pada kepemimpinan yang berpihak pada K3. Bagaimana seorang pemimpin atau leader dalam suatu organisasi dapat melakukan perubahan terhadap budaya K3 perusahaan? Dan apa peran seorang leader dalam merubah budaya K3?. Training ini merupakan jawaban bagi seorang leader yang ingin melakukan perubahan budaya K3 di dalam perusahaan.
Sasaran dan Manfaat Training Safety Leadership :
- Peserta akan memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk memahami tentang prinsip dasar dan metode yang efektif untuk merubah budaya K3 perusahaan dengan menerapkan prinsip dan best practice perubahan perilaku dan budaya K3 yang terbukti berhasil diterapkan oleh perusahaan dengan HSE Excellent.
- Meningkatkan kemampuan Leader/pemimpin dalam menerapkan progam perubahan budaya K3 dan perilaku pekerja.
- Mengembangkan kualitas Leadership K3 secara personal dan paham bagaimana meningkatkan iklim dan kinerja K3.
- Mampu melakukan pengujian kondisi budaya K3 dan bagaimana mengidentifikasi peluang untuk berubah.
MATERI
- Introduction Occupational Health and Safety Legislation
- Leadership Approaches and Styles
- Approaches to Leadership
- Leadership Style(s)
- Essential Leadership Skills
- Qualities of Leadership
- Developing a Flexible Approach
- Leading the Individual Report
- Leading the Work Group
- Taking the Lead in Peer Groups
- Motivation
- Motivation versus Manipulation
- Motivational Theories
- Creating a positive working environment and positive attitudes
- Motivating the individual and the team
- Maintaining self motivation and positive thinking
- Problem Solving and Decision Making
- Decision making process
- Team decision making
- Bill C-45 Amendments to the Criminal Code
- Bill C-45
- Due Diligence
- Penalties and Sentencing
- Internal Responsibility System
- Workers Rights and Obligations right to Know, Participate and Refuse